fbpx

Apa itu Backsound dan fungsinya di Video Animasi



Sob, kapan terakhir kali kamu melihat video?.

Mungkin setiap saat ya, tapi kamu tidak sadar saja. Sedari kecil kita sudah melihat berbagai bentuk video entah di televisi, sosial media, hingga VideoTron. Dalam perkembangannya video tidak hanya berguna untuk sarana iklan namun juga untuk sosialisasi. Sosialisasi melalui video dilakukan agar masyarakat lebih cepat menangkap pesanya. Sebuah video yang biasa kita lihat tersebut tentu saja telah melewati berbagai tahapan sehingga menarik dan menyenangkan. 

Dari semua video yang telah tayang dan kita lihat, apakah kamu pernah menyadari jika dalam video ada  suara-suara dari awal hingga akhir video? Rangkaian suara yang membuat kita betah untuk melihat video-video tersebut. Kira-kira disebut apa ya rangkaian suara tersebut? Ayo, kita simak bersama.

Rangkaian suara/musik dari awal sampai akhir video yang kita lihat, disebut Backsound.

Dalam Bahasa Indonesia bisa kita sebut sebagai Suara Latar. Nah, backsound ini sering kita jumpai di film hingga video-video yang berlalu-lalang di timeline sosial media kita. Apakah backsound memiliki fungsi atau manfaat dalam sebuah video sehingga kita harus memasukkan fitur ini? Berikut sederet fungsi dari Backsound:

  • Memberi dukungan visual dalam video. Dengan ada backsound maka kesan/pesan visual dalam video akan semakin menonjol, sehingga konten video mudah dipahami.
  • Membangun psikologis penonton. Backsound yang diputar dari awal hingga akhir akan membawa penonton semakin tertarik bahkan terhanyut melihat video dan memberi gambaran videonya akan seperti apa. Jika backsound yang berikan berupa lantutan suara yang ceria, maka perasaan bahagia/senang juga akan terasa di penonton.
  • Videomu tidak membosankan. Jika kombinasi gambar dan tulisan dalam videomu sudah apik, pasti membutuhkan tambahan backsound pendukung.Seperti pepatah bilang, sayur tanpa garam akan menjadi hambar, nah, backsound ini sama halnya garam. Videomu lebih memanjakan telinga para penonton dan lebih betah melihat materi/konten videomu.
  • Membanguan ciri khas pada videomu. Saat menambahkan backsound, maka secara tidak langsung kamu juga membangun ciri khas pada videomu. Jika kamu sering menggunakan backsound yang ceria/nada-nada rancak maka penonton juga dengan mudah tau bahwa mereka sedang melihat video ciptaanmu.

Sob, itu sederet fungsi Backsound, gimana tertarik untuk menambahkan backsound yang sesuai pada videomu. Sebagai referensi, di Animasi Studio saat kamu memesan video animasi, fitur backsound ini akan langsung kamu dapatkan, jika kurang cocok kamu pun bisa melakukan upgrade, lho.

 

Baca Juga:
Anin
Selamat , selamat datang di animasistudio.com. ada yang bisa Anin bantu?
Ada Yang Bisa Kami Bantu?