fbpx

Apa itu Sound Effect dan Manfaatnya di Video Animasi



Sebelum konten video tersedia, sebelumnya kita hanya mendapatkan informasi berupa teks atau gambar saja. Seiiring berkembangan teknologi dan kebutuhan maka konten video pun dihasilkan, melalui video pesan yang ingin disampaikan menjadi lebih mudah dimengerti dan menarik. Akhir-akhir ini konten video tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar saja, namun telah digunakan oleh semua kalangan. Sebagai contoh bidang usaha perhotelan bisa memanfaatkan video sebagai sarana promosi yang lebih hemat dan simple. Video juga dapat diputar dimana-mana sesuai kebutuhan, seperti sosial media, televisi, hingga VideoTron.

Nah, yuk coba kita ingat-ingat bersama. Waktu melihat sebuah video, apa kamu pernah memperhatikan tidak jika ada tambahan suara yang disesuaikan dengan visual yang tampil, betul kan? Contohnya adalah waktu ada adegan petir menyambar rumah, nah pasti ada tambahan suara petirnya. Suara-suara tersebut dinamakan apa ya? Yuk kita cari tau bersama. 

Sob, tambahan suara-suara dalam adegan di sebuah video dinamakan Sound Effect (FX); dalam bahasa Indonesia disebut juga Efek Suara. Secara ringkas, Sound Effect (FX) ini adalah suara-suara tiruan atau aslinya yang menampilkan tentang situasi yang sedang ditampilkan dalam sebuah adegan.

Apa manfaat memakai Sound Effect?

Pemakaian Sound Effect (FX) dalam video animasi, jelas memiliki tujuan kan. Yuk, kita simak bersama apa saja kegunaan Sound Effect (FX)

  • Menunjukkan sebuah lokasi dan waktu. Contoh : Suara-suara ayam, itik, kambing dapat menggambarkan suasana pasar hewan. Suara ayam berkokok dengan gambar adegan matahari terbit dalam video.
  • Suasana dalam video agar lebih nyata. Memberikan tekanan pada sebuah adegan akan membangun kesan lebih dalam bagi penonton. Contoh seperti suara petir dan hujan deras yang menghasilkan suasana tegang.
  • Memberikan cita rasa atau pesan ke penonton. Contoh: derap langkah kaki menunjukkan pesan terburu-buru.
  • Memberi arti pada pemunculan atau berakhirnya suatu adegan atau kejadian.

Nah, dengan menggunakan Sound Effect (FX) dalam video animasimu, maka videomu akan lebih mengena dihati penontonmu. Yuk bayangkan, kamu memiliki video animasi tentang produk makanan yang kamu jual, coba kamu tambahkan Sound Effect (FX) suara kriuk dalam videomu. Sudah pasti yang melihat videomu akan langsung tertarik mencoba produkmu.

Baca Juga:

Anin
Selamat , selamat datang di animasistudio.com. ada yang bisa Anin bantu?
Ada Yang Bisa Kami Bantu?