fbpx

Apakah Durasi Video itu Penting?



Hayo, apa video terakhir yang kamu lihat, Sob? Apakah kamu memperhatikan berapa lama panjang video tersebut? Dari ratusan video yang sudah kamu lihat pasti ada yang durasinya panjang, pendek, hingga ada durasi yang kamu rasa “cukup”. Rupanya panjang video atau durasi video juga berpengaruh kepada jumlah hingga penonton videomu lho. Apalagi saat kamu membuat video promosi, wah kamu harus memperhatikan juga durasi video mu.

Dari Penelitian yang dilakukan WISTIA, durasi sebuah video sangat berpengaruh kepada penonton videomu, Sob. Semakin panjang durasi video, bukan semakin banyak penonton, yang ada kemungkinan penonton videomu sampai selesai akan semakin berkurang. Boleh dikatakan, jika videomu berdurasi singkat maka semakin besar jumlah penonton videomu hingga selesai. Coba kamu buka konten video yang serupa di Youtube, semisal tentang promosi makanan. Sebelum memutar video tersebut coba cek durasinya, boleh dikatakan kamu akan memilih video berdurasi pendek dahulu, kan?.

Infografik di atas menggambarkan jika durasi sebuah video semakin panjang maka engagement atau keterlibatan penontonnya semakin menurun.

Nah, kita sudah tau data statistik tersebut. Lalu apa yang harus kita lakukan agar video kita berdurasi “cukup”, sesuai keinginan, dan mendapat respon Like dan Share dari penonton. Tenang, di artikel kali ini Animasi Studio akan memberi kiat-kiat bagaimana menentukan durasi untuk videomu. Check it out, Sob.

  • Tentukan PrioritasDari sepanjang materi video yang kamu miliki, pasti ada bagian-bagian yang sangat penting hingga bagian biasa aja. Coba tentukan bagian mana yang harus muncul di videomu, dari situ kamu akan memiliki pandangan berapa durasi videomu jika sudah jadi. Jika jamu bekerja dalam tim, cobalah meminta saran teman-temanmu juga. Saran dari mereka juga diperlukan, lho.
  • Apa jenis videomu?Saat kamu sudah menentukan jenis video, secara tidak langsung kamu juga sudah menentukan durasi videomu. Misal, kamu membuat ingin video promosi, tidak mungkin kan video tersebut lebih dari 5 menit. Jadi, jangan sampai terlewatkan dalam menentukan jenis videomu, apakah video promosi, tutorial, dll.
  • Tentukan durasi videomuDurasi video memang tidak dapat ditentukan secara pasti. Alangkah baiknya durasi video tidak lebih dari 2-3 menit. Masih ingatkah kamu, jika 10 detik pertama dalam videomu adalah penentu apakah penonton videomu akan melanjutkan melihat videomu atau tidak. Coba fokuskan isi videomu diawal-awal video.

Itu tadi tips singkat bagaimana cara menentukan durasi videomu. Terus gali segala kemungkinan yang ada untuk videomu agar mengena di hati penonton videomu, Sob.

Baca Juga:

Tania
Selamat , selamat datang di animasistudio.com. ada yang bisa Tania bantu?
Ada Yang Bisa Kami Bantu?