fbpx

Jenis-Jenis Format Video Iklan di YouTube



Sebagai mesin pencari terbesar kedua setelah Google, YouTube merupakan sumber untuk mencari berbagai informasi berupa video, seperti berita olah raga, kuliner, hewan, kuliner, wisata, dll. Sudah lebih dari jutaan video yang diupload dari berbagai belahan dunia. Dari berbagai video yang sering kita lihat di YouTube, pasti kita sering mendapati sebuah iklan yang tayang sebelum video yang kita kehendaki muncul. Betul tidak?

Ada berbagai macam konten video iklan yang berlalu-lalang di timeline YouTube kita, seperti iklan tentang kosmetik, produk makanan, destinasi liburan, hingga software pembuatan website.  Pemilik usaha dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk memasang video iklannya di video-video yang sedang populer sehingga usaha tersebut lebih dikenal lagi. Nah, dari berbagai macam iklan yang sudah tayang tersebut, rupanya YouTube memiliki beberapa jenis format iklan yang tayang. Ada berapa banyak ya format iklannya? Yuk kita lihat bersama.

 

  • Iklan display

Pernah melihat iklan yang tampil di bagian kanan atas video yang kamu tonton? Nah, iklan video tersebut dinamakan iklan display. Ukuran iklan display adalah 300×250 atau 300×60 piksel. Pembuat iklan akan mendapat bayaran dari YouTube saat kamu mengklik iklan tersebut. Iklan display ini akan hanya akan muncul saat kamu membuka YouTube di desktop dan laptop saja.

 

  • Iklan overlay

Sebelum memutar video yang kamu inginkan, kamu juga sering mendapati iklan berbentuk horizontal seperti persegi panjang pada bagian bawah video. Nah, iklan tersebut dinamakan iklan overlay. Iklan ini berukuran 20% dari ukuran layar, dengan ukuran 468×60 atau 728×90 piksel. Kamu bisa memasukkan gambar atau teks saja di iklan overlay. Format iklan ini juga hanya akan muncul di desktop dan laptop.

 

  • Iklan yang dapat dilewati

Ini merupakan iklan yang sering dijumpai saat menggunakan YouTube. Juga disebut sebagai skippable ads, dimana kamu dapat melewati iklan tersebut setelah 5 detik sehingga dapat memutar video yang kamu inginkan. Saat menggunakan format ini, maka iklan kamu akan muncul di layar video secara penuh dan iklan ini dapat diletakkan di awal, tengah, dan akhir video. Iklan dengan format ini akan muncul di komputer desktop dan laptop, perangkat seluler, TV, dan konsol game.

 

 

  • Iklan yang tidak dapat dilewati

Format iklan ini juga tidak kalah populer, dimana kita harus melihat iklannya terlebih dahulu sebelum melihat video yang kita mau. Ini adalah iklan yang tidak dapat dilewati atau non-skippable ads. Durasi format iklan ini adalah 20 detik dan akan muncul selayar penuh. Non-skippable ads ini dapat diletakkan di awal, selama, atau setelah video. Iklan dengan format ini akan muncul di komputer desktop dan laptop, perangkat seluler, TV, dan konsol game.

 

  • Iklan bumper

Format iklan ini hampir sama dengan non-skippable ads, dimana iklan harus dilihat sampai selesai terlebih dahulu sebelum memutar video yang diinginkan. Yang membedakan adalah durasi iklannya, iklan bumper hanya berdurasi 6 detik saja.

 

  • Kartu bersponsor

Ini merupakan salah satu format iklan yang biasa dilihat pada akhir sebuah video. Iklan ini merupakan teaser dari video berikutnya yang membuatmu tertarik untuk melihat. Ukuran dari iklan ini bervariasi dan format ini ditampilkan di desktop dan laptop, serta perangkat seluler.

Sob, itu jadi sederet format iklan yang disediakan oleh Youtube. Sudah menemukan ide akan membuat video iklan yang seperti apa? Sebagai referensi, kamu bisa kok menghubungi Animasi Studio jika ingin membuat video iklan. 

Sumber asli:

https://creatoracademy.youtube.com/page/lesson/ad-types?hl=id#strategies-zippy-link-2

 

Baca Juga:

Anin
Selamat , selamat datang di animasistudio.com. ada yang bisa Anin bantu?
Ada Yang Bisa Kami Bantu?