fbpx

Mau menggunakan thumbnail clickbait di Youtube?



Hayo, siapa yang hampir setiap hari membuka platform Youtube? Mulai dari video klip lagu, video berita, video olah raga, video gaya hidup, video cuplikan film, dll juga tersedia. Bahkan ada yang mengatakan Youtube mulai menggeser kebiasaan melihat televisi. Apakah kamu juga merasakan hal ini?

Sob, dari berjuta-juta video yang ada di Youtube, apakah kamu pernah menemukan video yang thumbnailnya tidak sesuai dengan isinya? Atau thumbnailnya begitu heboh namun isinya biasanya aja? Tak jarang video model seperti ini yang ada bikin jengkel juga kan. Model thumbnail seperti ini rupanya tergolong thumbnail clickbait lho. Apa itu? Emangnya dibolehkan oleh Youtube? Terus kedepannya apakah channel tersebut baik-baik saja?

Eitsss…tenang, di artikel ini akan dibahas mengenai hal ini. Yuk, kita simak bersama.

Yang paling awal dahulu ya, apasih tujuan dari membuat thumbnail clickbait ini? Sudah pasti tujuannya adalah membuat pengunjung Youtube mau mengklik postingan video tersebut. Suka tau tidak, model clickbait ini memang meningkatkan jumlah penonton video. Namun di sisi lain karena penggunaan thumbnail clickbait ini juga menyebabkan rasa tidak suka dan merasa dibohongi. Jika ini dilakukan terus menerus lama-lama channel tersebut juga akan mendapatkan dampak negatif.

Terus apakah Youtube memperbolehkan hal ini? Ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin mencoba membuat thumbnail clickbait:

Clickbait tidak dilarang oleh Youtube.

Berdasarkan website Youtube, tidak terdapat alasan yang melarang untuk membuat clickbait di videomu. Akunmu juga tidak akan kena hukuman dari Youtub. Namun, bagi sebagian besar pengguna Youtube melihat thumbnail clickbait sebagai hal yang sangat mengganggu.

YouTube dan Google saling terhubung.

Karena Google sudah membeli Youtube, maka kita dapat melihat deretan video di posisi atas Google. Maka dengan membuat thumbnail clickbait, pengguna dapat melihat thumbnailmu secara bersamaan di YouTube dan Google (ini terjadi jika kamu sudah memiliki level yang tinggi).

Clickbait itu bukan solusi jangka panjang.

Clickbait entah di gambar atau tulisan memang dapat menarik pengunjung secara lebih mudah. Sayangnya, meskipun mereka melihat video tersebut tapi mereka tidak subscribe channel yang kamu miliki. Pada kenyataannya pun, setelah berkali-kali kamu menggunakan thumbnail clickbait malah akan sangat menggangung subscribermu yang loyal.

Pengunjung video yang berasal dari clickbait biasanya tidak melakukan engangement.

Biasanya penonton video clickbait tersebut jarang sekali melakukan engangement, entah like, komen, dan share. Bahkan konten yang memiliki clickbait terkadang lebih banyak mendapat komentar negatif dan dislike di Youtube. Tentu saja ini merupakan tanda jelek di mesin pencari.

Clickbait memiliki potensi negatif bagi sebuah brand.

Biasanya clickbait itu berdasarkan hal yang bohong atau melebih-lebihkan. Tentu saja ini bukan cara tepat untuk memenangkan klien potensial.

Clickbait itu baik untuk jangka pendek saja.

Terlepas dari kekurangan tersebut, clickbait memiliki hal yang baik yaitu membawa penonton ke videomu. Dengan jumlah total penonton videomu maka ini akan berpengaruh ke pendapatanmu yang dari iklan. Suka tidak suka pasti ada orang-orang yang membangun channel mereka dengan hal ini.

Masih tetap ingin mencoba membuat thumbnail clickbait?

Ada beberap hal yang harus kamu perhatikan lho. Tips di bawah ini bisa kamu gunkana untuk thumbnail regular maupun  thumbnail clickbait.

Resolusi gambar HD adalah wajib hukumnya.

Meskipun clickbait bertujuan untuk memanupulasi para pengunjung agar mau mengklik video yang kamu buat, namun menggunakan gambar berkualitas tinggi merupakan sebuah hal tidak boleh ditinggalkan. Thumbnail videomu setidaknya harus 1280×720 pixel. Gambar berkualitas tinggi akan semakin menyakinkan pengunjung Youtube untuk mau mengklik videomu.

Komposisi warna dan pencahayaan harus seimbang

Untuk memenangkan hati pengunjung, kamu juga harus memikirkan keseimbangan komposisi warna dan pencahayaan. Meskipun ini bukan faktor utama yang memberikan pada jumlah penonton. Rupanya komposisi warna juga berpengaruh ke psikologis penonton kok. Saat menggunakan warna terang maka akan memunculkan emosi tertentu dan menciptakan kesan positif dari video kamu.

Teks yang membuat penasaran

Tulisan pada thumbnail seharusnya menciptakan rasa ingin tau penonton. Dengan rasa penasaran ini maka memungkinkan meningkatkan jumlah penonton yang melihat videomu. Yang terpenting adalah ada yang tertulis di thumbnail harus juga berkorelasi dengan isi video.

Gunakan emosi

Selain tulisan yang menarik, maka menggunakan sisi emosi juga memiliki faktor agar penonton mau mengklik dan melihat videomu. Menggunakan foto thumbnail yang menampilkan emosi, seperti gambar orang menangis maka dapat mempercepat penonton untuk mengklik videomu.

 

Terus apa masa depan Youtube Clickbait?

Sayangnya, clickbait semakin kesini semakin menjadi hal yang bisa. Bahkan saat kamu ke channel tentang ilmu pengetahuan pun juga menggunakan cara-cara yang biasa digunakan. Boleh dikatakan, clickbait itu tidak selalu negatif tapi ini masih terlihat kurang profesional dalam meningkatkan citra brand. Pada akhirnya semuanya kembali ke pembuat video masing-masing, bagaimana menggunakan clickbait.

Disadur dari artikel : https://breadnbeyond.com/articles/youtube-thumbnail-tips/

Baca Juga: 

 

Anin
Selamat , selamat datang di animasistudio.com. ada yang bisa Anin bantu?
Ada Yang Bisa Kami Bantu?