fbpx

Mengapa Harga Animasi Mahal?



Mengapa Harga Animasi Mahal? 

Apakah kamu pernah mencoba mengecek harga pembuatan sebuah video animasi? Saat melihat daftar harga yang ditunjukkan dapat dipastikan jika kamu terkejut. Betul tidak?. Ada yang mengatakan harga pembuatan video animasi itu mahal-mahal, ada juga yang berpendapat harga mahal dan hasil video terjamin dan ada pula yang berpendapat harga murah hasil berkualitas.

Lantas apa latar belakang pembuatan animasi tergolong mahal di Indonesia? Apakah karena komputernya atau ada hal lainnya? Penasaran dengan hal tersebut. Yuk, kita simak sama-sama informasi berikut ini.

Berapa  Harga Komputer “Biasa’?

Harga komputer biasa, yang digunakan hanya untuk mengetik dokumen komputer berkisar antara 2 – 8 juta saja.

Bagaimana Dengan Komputer Untuk Membuat Animasi ?

Nah, untuk harga komponen lengkap komputer dengan spec khusus untuk animasi standar mulai dari 20 juta loh. Jauh sekali perbedaannya dengan komputer biasa.

Selain dari perangkatnya apakah software juga mempengaruhi harga animasi ini? Mari kita cari tau.

Setelah peralatan, selanjutnya bagaimana dengan softwere yang digunakan untuk animasi. Jadi dalam membuat sebuah video animasi diperlukan perangkat dan software yang benar-benar sesuai untuk menghasilkan video yang berkualitas. Menurut Survei dari kiossoftware.com, berikut harga softwere Adobe ilustrator dan Adobe After Effect.

Harga adobe ilustrasi adalah US$614 atau setara dengan Rp 8 juta 9 ratusan.

Untuk harga Adobe After Effect berkisar US$1020 atau setara dengan Rp 14 juta 7 ratus.

Nah , gimana guys untuk softwerenya aja harganya fastastis banget ya. Tak cukup sampai disitu aja , mari kita lanjutkan kebagian para creator.

Didalam sebuah video animasi terdapat tim yang saling berkerjasama dimulai dari Director, script writer, illustrator dan Animator.  Wajar aja ya kalau animasi sangat mahal , bahkan dliuar negri biaya produksi film animasinya sangat fantastis. sebagai contoh, film animasi yang berjudul “Brave” berdurasi 94 menit memakan biaya produksi sebesar US$185 juta atau setara dengan Rp 2,5 triliun. Dan untuk di Indonesia sendiri film animasi the beatle of Surabaya memakan biaya  hingga 15 miliyar selama 3 tahun pengerjaan. Bahkan untuk animasi serial seperti Adit Sopo dan Jarwo memakan waktu pengerjaan 3 bulan dan 20 animator untuk 7 durasi 7 menit. Coba bayangkan bagaimana para animator Indonesia benar-benar mengerjakan animasi tersebut dengan sepenuh hati.

Bikin melongokan liat harga dan waktu produksinya. itulah kenapa harga animasi mahal guys, bukan tanpa sebab ya. Tapi, tenang Sob masih ada kok animasi dengan budget terjangkau dan tetap dapat menyampaikan informasi dengan lugas didalamnya.

Baca Juga:

Anin
Selamat , selamat datang di animasistudio.com. ada yang bisa Anin bantu?
Ada Yang Bisa Kami Bantu?