fbpx

Perbedaan Teaser, Trailer, dan Clip. Apa saja bedanya?



Setelah diakusisi oleh Google, YouTube menjelma menjadi mesin pencarian terbesar kedua. Sudah pasti kita mencari konten video di YouTube. Sudah tak terhitung berapa banyak video yang terupload di platform ini. Apakah kamu juga menghitung berapa banyak video yang telah kamu tonton? Pastinya sangat susah ya. YouTube juga menyediakan beragam konten, mulai dari konten yang berhubungan dengan makanan, otomotif, lifestyle, olahraga, hingga tutorial-tutorial produk.

Banyak brand besar di Indonesia dan dunia yang memiliki channel di YouTube, sebut saja Warner Bros, Paramount Pictures, Samsung, hingga Malesbanget.com. Secara rutin platform-platform tersebut memberikan beragama konten yang sesuai dengan segment bisnis mereka. Dari sederet konten yang mereka upload terdapat video-video yang hanya berdurasi pendek dan hanya menunjukkan potongan-potongan suatu adegan.

Durasi potongan -potongan videonya sih tidak lama tapi membuat penasaran? Betul tidak?

Sudah tidak terhitung berapa kali ya kita melihat video pendek yang berisi potongan-potongan adegan ini. Apakah potongan adegan dalam video tersebut memiliki sebutan tersediri? Apakah ada jenis lainnya juga? Yuk kita cari tau.

Nah, potongan-potongan video tersebut memiliki sebutan-sebutannya sendiri lho, Sob.  Ada yang disebut Teaser, Clip, hingga Trailer. Sob, sebutan-sebutan tersebut juga tergantung dari durasinya serta memiliki fungsi masing-masing. Jadi jangan asal memberikan sebutan lagi ya. Yuk, kita cari tau perbandingannya:

Teaser

Dalam artian bahasa Indonesia, Teaser berarti “penggoda”. Apakah memang tujuan dari Teaser adalah untuk menggoda? Ya, video teaser memang bertujuan untuk memancing penonton agar lebih ingin tau lagi dengan materi/konten/produk yang sedang kamu tawarkan. Intinya, membuat penontonmu penasaran dengan apa yang kamu tawarkan/sampaikan lewat video dalam durasi sekitar 1 menit. Melalui teaser, kamu sudah memiliki potensi untuk membuat penonton memperbincangkan videomu. Coba cek koleksi videomu, apakah sudah memiliki teasernya?

Trailer

Trailer dapat dijelaskan sebagai bentuk promosi dari videomu. Durasi sebuah trailer rata-rata 2-3 menit. Dalam trailer mencakup plot inti cerita yang termasuk didalamnya adalah pemeran, sutradara, produser, hingga kapan video terbuat akan tayang. Video trailer muncul pertama kali pada tahun 1913 digunakan pada film The Pleasure Seekers di Amerika. 

Clip

Clip berfokus pada inti adegan-adegan dalam sebuah video. Durasi clip rata-rata 30 detik sampai 1 menit. Inti dari pembuatan clip adalah singkat, padat, dan jelas kepada para penonton. 

 

Sebagai referensi ya, Sob, Animasi Studio memiliki fitur teaser ini, jadi kamu tidak perlu bingung-bingung lagi bagaimana cara menghasilkan video teaser yang akan mengena di hati penonton.  

 

Baca Juga:

Anin
Selamat , selamat datang di animasistudio.com. ada yang bisa Anin bantu?
Ada Yang Bisa Kami Bantu?