fbpx

Perbedaan Video Explainer dengan Video Demo Produk



Platform terbesar yang mengkhususkan diri untuk video adalah YouTube. Melalui platform ini kamu bisa mencari berbagai konten video sesuai dengan kesukaanmu. Jika kamu pecinta otomotif maka creator video dari Indonesia dan Luar negeri sudah menyuguhkan beragam konten video seputar otomotif. Boleh dikatakan beragam hobi orang di dunia ini tergambar melalui video-video yang ada di YouTube.

Salah satu bentuk video yang mudah populer dan sering ditunggu-tunggu adalah video unboxing barang, ada juga yang menyebutnya sebagai video demo produk. Creator video ini menjelaskan seluk beluk tentang produk, cara penggunaanya, dll. Disisi lain, juga dikenal istilah video explainer ya juga berfungsi untuk menjelaskan atau menyampaikan suatu pesan. Betul tidak? Apakah ada perbedaan antara video demo produk dengan video explainer? Pada penasaran ya?

 

Oke, kita mulai dari Video Explainer dulu ya.

  • Video Explainer Menjelaskan Secara Detail

Saat kamu memiliki usaha yang sedang kamu bangun dan berbeda dengan yang lainnya alias unik, maka terkadang kamu kesulitan untuk menjelaskan usahamu kepada orang-orang. Nah, melalui video explainer penjelasan mengenai apa, siapa, kapan, mengapa, hingga bagaimana semua produk-produk kamu bekerja dapat dijabarkan secara lengkap, jelas, dan mudah dipahami. Dengan gabungan ilustrasi dan penjelasan audio, maka video explainer memiliki kemampuan untuk memikat penonton yang lebih besar.

  • Video Explainer¬†Meningkatkan Brand Awareness

Dibanding hal lainnya, video explainer sangat menarik perhatian mata dengan konten yang mudah diingat penonton. Tujuan dari dibuatnya video explainer adalah orang-orang mengetahui tentang bisnis yang kamu jalankan dan bagaimana produk-produk kamu dapat menjadi solusi bagi masalah bagi calon konsumen kamu. Saat video explainer kamu sesuai target dan dapat menyampaikan pesan yang sesuai maka, mereka akan melihat dan menyebarkan video-video yang kamu miliki. Bisa dikatakan jika video explainer kamu akan viral saat memiliki konten yang pas.

Tips singkat agar video explainer kamu banyak dishare:

  • Bangkitkan emosi penonton video kamu. Sudah menjadi rahasia umum, video yang viral adalah video berhubungan dengan rasa/emosi penonton, sehingga mereka tidak segan-segan untuk melakukan share video.¬†
  • eritakan dengan jelas tanpa melebih-lebihkan kondisi yang terjadi, bukan tentang produk kamu saja. Gunakan kebiasaan unik dan membangun yang ada di bisnis kamu dalam video, sehingga orang yang melihatnya mendapat manfaat juga.

 

Lalu, apakah video demo produk itu?

  • Video demo produk adalah bukti visual produk yang ditawarkan.

Melalui video demo produk dijelaskan bagaimana cara kerja sebuah produk dan berfungsi juga untuk meningkatkan penjualan. Konsumen yang menyukai visual, melihat video demo produk sebagai sumber informasi dan dapat menangkap nilai dari produk kamu. Sayangnya, video demo produk hanya menjelaskan tentang nilai produk daripada keunggulan produk tersebut.

  • Contoh asli dari yang ditawarkan

Dengan memberikan video demo maka akan memperkecil resiko saat langsung membeli produk tersebut tanpa tau bagaimana produk tersebut bekerja. Sebuah video demo produk biasanya memiliki:

  • Berisi contoh bagaimana produk bekerja
  • Beberapa testimoni dari konsumen yang sudah menggunakan
  • Untuk produk contoh, akan diberikan secara cuma-cuma.

Jadi, itu tadi perbedaan video explainer dengan video demo produk. Sebagai referensi, jika kamu ingin membuat video explainer, maka Animasi Studio bisa menjadi referensi kamu.

 

Baca Juga:

Anin
Selamat , selamat datang di animasistudio.com. ada yang bisa Anin bantu?
Ada Yang Bisa Kami Bantu?