fbpx

Proses Pembuatan Video Animasi



Sob, sudah tidak terhitung berapa kali kita melihat video animasi dan ada beragam jenis animasi yang tanpa kita sadari sudah kita lihat. Video animasi diciptakan dengan berbagai tujuan, seperti mengenalkan produk, melakukan edukasi tentang suatu jasa, hingga menyampaikan testimoni agar masyarakat semakin yakin akan suatu jasa.

Untuk menghasilkan sebuah video animasi yang berkualitas maka diperlukan proses dan tahapan-tahapan yang perlu dilewati oleh sebuah studio animasi. Ingin lebih tau tentang detil tahapan-tahapannya, yuk kita intip proses pembuatan animasi itu seperti apa.

Pra produksi :

Tentuin ide

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan ide. Ide tentang videomu akan seperti apa, misalnya kamu menemukan ide video animasi edukasi tentang pengurangan limbah plastik.  Ide ini berguna agar videomu berada dalam jalur yang benar dan tidak berubah. Biasanya yang nentuin ide ini adalah directornya  dan director juga yang mengarahkan proses pembuatan animasi dari awal sampai akhir.

Buat konsep / story

Setelah ide ditemukan dan pastikan bahwa ide tersebut tidak berubah ya, Sob.  Proses selanjutnya adalah membuat konsep atau story animasi yang akan dibuat. Tujuan dari pembuatan konsep video adalah videomu nanti sejalur dengan ide yang telah ditentukan. Dengan membuat konsep, kamu juga dapat menentukan materi mana saja yang bisa dan tidak bisa masuk ke videomu. Ini adalah tugas seorang script writer / story writer.

Pembuatan material design

 

Setelah konsep jadi, script writer menyerahkan konsepnya ke illustrator. Illustrator adalah bagian tim yang membuat materi video seperti karakter, gerakannya mau seperti apa, penempatan karakter,dll

Pembuatan storyboard

Material – material design yang telah dibuat, disusun dan membentuk storyboard. Yuk kita ke tahap proses pembuatan animasi berikutnya.

Tahap Produksi :

Pembuatan Animasi

Selanjutnya, material design dan storyboard diserahkan ke Animator untuk diproduksi.

Animator memulai untuk membuat gerak-gerakan pada karakter, dilakukan satu persatu untuk sebuah karakter.  Selanjutnya, ketika semua material design sudah selesai dianimasikan tahap selanjutnya adalah penambahan visual effect, sound effect untuk membangun suasana animasinya sob dan tahap terakhir penambahan adalah penambahan backsound.

Nah, begitu sob tahapan pembuatan animasi. Butuhin waktu yang lumayan lama loh, karena buatnya emang gak mudah. Melewati banyak proses dan yang pasti memakan biaya yang gak sedikit.

Baca Juga:

 

Anin
Selamat , selamat datang di animasistudio.com. ada yang bisa Anin bantu?
Ada Yang Bisa Kami Bantu?