fbpx

Tips Membuat Video Iklan Layanan Masyarakat



Siapa sih yang tidak memiliki media sosial di smartphone? Bisa dikatakan semua hal yang dibutuhkan dapat ditemukan melalui smartphone. Butuh resep masakan langsung memasukkan kata kunci, butuh informasi keuangan juga langsung bisa muncul. Coba bandingkan dengan beberapa dekade yang lalu dimana untuk mendapatkan informasi hanya didapat melalui koran dan televisi. Informasinya pun tidak dapat menyebar dengan cepat dan tepat.

Seiring berkembangnya dinamika masyarakat, maka informasi tentang layanan masyarakat dari pemerintah maupun swasta juga diperlukan. Dulu pemberitahuan tentang informasi layanan masyarakat rata-rata lewat poster yang tampil di sana-sini, namun sesuai perkembangan teknologi maka mulai banyak yang menggunakan video iklan layanan masyarakat. Sebelum membahas tips membuat video iklan layanan masyarakat, yuk kita cari tau mengapa kita perlu membuat video iklan layanan masyarakat.

  • Informing adalah memberi informasi kepada masyarakat mengenai program atau layanan, serta aktivitas pemerintah yang berhubungan dengan sosial.
  • Persuading adalah membujuk atau merayu masyarakat untuk ikut serta dengan program pemerintah dan non-swasta seperti BPJS, KTP, KB dll
  • Reminding adalah mengingatkan masyarakat dengan program yang dijalankan oleh pemerintah.

Nah, setelah mengetahui tujuan dari video iklan layanan masyarakat, sekarang kita lihat apa saja sih tips dalam membuat video iklan layanan masyarakat, Sob.

Pesan Jelas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa video iklan layanan masyarakat memiliki tiga (3) tujuan, jadi kamu bisa memilih salah satu tujuan yang tadi atau kamu mau mengkombinasinya juga bisa. Selain dari tujuannya yang jelas, pesan yang jelas dan padat perlu kamu perhatikan juga. Sebagai contohnya, kamu ingin membuat video bahaya rokok, maka kamu bisa mengambil pesan dari dampak merokok.

Komposisi Gambar & Tulisan Proporsional

Jangan sampai komposisi tulisan lebih banyak dibandingkan dengan gambar karena Anda membuat video promosi dan bukan promosi melalui media sosial seperti Twitter atau Facebook yang lebih banyak tulisan dengan hanya satu atau dua foto pendukung saja. Untuk video, sebenarnya bagian yang harus dibuat lebih banyak adalah gambar mengingat masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan tampilan visual dibandingkan harus membaca. Tujuan dari pembagian komposisi ini adalah agar para pengunjung situs langsung menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan melalui iklan tersebut.

Berikan efek WOW

Agar video iklan layanan masyarakat kamu tidak terlihat monoton, maka gunakan efek-efek tambahan seperti sound effect,backsound, dll, sehingga penonton betah melihat videomu dan dapat menangkap pesan yang kamu sampaikan secara utuh. Misal, kamu membahas tentang dampak pemanasan global, kamu bisa menambahkan sound effect dengan suasana mencekam di beberapa bagian agar pesan tentang dampak pemanasan global lebih terasa.

Perhatikan durasi

Durasi sebuah video juga mempengaruhi minat menonton video iklan layanan masyarakat hingga selesai. Sebisa mungkin durasi tidak terlalu panjang, sehingga penonton dapat menangkap inti dari video yang kamu buat. Jangan lupa juga jika 10 detik pertama adalah kunci dalam membuat video, gunakan 10 detik awal untuk meraih perhatian penonton

Sob, itu ada sederet hal yang kamu perhatikan saat membuat video layanan masyarakat. Sebagai referensi jika kamu ingin membuat video layanan masyarakat, Animasi Studio siap membantumu.

Baca Juga:

Masa Depan Video Marketing.

Sudah Bikin Video tapi Belum Ada yang Ngeshare?.

Apa itu Sound Effect dan Manfaatnya di Video Animasi.

Anin
Selamat , selamat datang di animasistudio.com. ada yang bisa Anin bantu?
Ada Yang Bisa Kami Bantu?