fbpx

Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran



Hayo, siapa yang masih ingat jika setiap Senin pagi ada upacara di sekolah? Ada sebagian yang senang karena upacara maka jam pelajaran menjadi pendek, ada pula yang tidak senang karena jam pelajaran terpotong. Coba diingat-ingat kembali, sebelum berangkat sekolah kita menyiapkan macam-macam buku pelajaran,kan. Berapa banyak buku yang harus siapkan? Masih ingat tidak? Saat waktu jam pelajaran dimulai, bapak/ibu guru akan mulai menjelaskan materi pelajaran dengan ciri khas masing-masing, ada yang menyampaikan dengan lugas, ada pula yang bertahap.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang dinamis, dunia pendidikan juga mengalami inovasi dalam cara penyampaian materi pelajaran. Coba bandingkan cara penyampaian materi pelajaran bapak/ibu guru antara 10 tahun yang lalu dengan saat ini. Apakah kalian juga menyadari hal tersebut? Sejak beberapa tahun terakhir para guru mulai menggunakan slide-slide untuk menjelaskan materi, tak lupa memutarkan video-video yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari. Video ini bisa diputar diawal pelajaran sebagai jembatan untuk memasuki inti pelajaran ataupun disela-sela proses belajar mengajar. Nah, salah satu tren yang akan terus berkembang adalah menjelaskan materi pelajaran dengan Video Animasi.

Wow, Video Animasi untuk bidang pendidikan.

Ya, video animasi untuk bidang pendidikan saat dimungkinkan dan memberi angin segar dalam proses belajar mengajar. Apa saja manfaat pagi guru maupun instansi pendidikan saat menggunakan video animasi? Ayo, kita cari tau bersama.

  • Video Animasi bisa menggambarkan objek yang tidak bisa dilihat oleh mata, seperti Ion, Molekul, Mikro Organisme, dll. Cocok sekali untuk mata pelajaran yang
  • Dengan video Animasi, peristiwa kompleks serta perlu penjelasan detil bisa disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami. Contohnya bagaimana bencana alam dapat terjadi, sistem tubuh manusia, hingga bagaimana sebuah mesin dapat beroperasi.
  • Tenaga & waktu lebih efisien. Dengan video animasi, materi yang susah dijelaskan secara verbal akan terwakilkan dengan lugas dan mudah dipahami. Bagi siswa pun, mereka dapat memutar berkali-kali video animasi tersebut, bapak/ibu guru tidak perlu berulang-ulang menjelaskan.
  • Video Animasi Pembelajaran dapat diputar kapan saja sesuai keinginan siswa, bahkan saat di rumah sekalipun. Seperti kita ketahui, alokasi waktu siswa di sekolah lebih sedikit daripada di luar sekolah. Dengan adanya video animasi, maka siswa dapat mengulang-ulang materi pelajaran yang belum mereka pahami.
  • Bapak/Ibu guru pun bisa lebih produktif. Dengan menggunakan video animasi, para guru tidak mengeluarkan tenaga ekstra dalam menjelaskan materi pelajaran. Para guru bisa lebih fokus untuk membantu para siswa dalam membantu kesulitan belajar, membangun karakter positif, hingga memotivasi peserta didik.
Baca Juga:
Tania
Selamat , selamat datang di animasistudio.com. ada yang bisa Tania bantu?
Ada Yang Bisa Kami Bantu?